Rabu, 08 November 2017

Artikel Lemak (IGP)

ILMU GIZI PANGAN
ARTIKEL LEMAK





KELOMPOK 3

Alfa Sandi                   13140510
Febry Darma Putri      13140510
Hesti Yulianti              1314051020
Oke Puspa Ningrum    13140510
Suci Nata Kusuma      1314051046




















JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG





LEMAK

Pengertian lemak ialah salah satu nama suatu golongan senyawa organik yang dapat larut dalam pelarut-pelarut organik tetapi tidak mudah larut bahkan ada yang tidak larut dalam air. Lemak tersusun dari unsur karbon (C), oksigen (O) , dan hydrogen (H) sama seperti penyusun pada karbohidrat. Fungsi lemak sangatlah penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita karena lemak merupakan salah satu sumber energi yang menyediakan kalori yang banyak sehingga lemak sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi utama dari lemak adalah sebagai zat pembangun, penghasil energi, pelarut vitamin (A, D, E dan K), cadangan makanan dan sebagai pelindung tubuh.Molekul lemak terdiri dari empat bagian, yaitu satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Asam lemak terdiri dari rantai Hidrokarbon (CH) dan gugus Karboksil (-COOH). Molekul gliserol memiliki tiga gugus Hidroksil (-OH) dan tiap gugus hidroksil berinteraksi dengan gugus karboksil asam lemak.Berdasarkan komposisi kimianya lemak dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu lemak sederhana contohnya lemak dan minyak. Lemak asli contohnya asam lemak dan sterol, lemak campuran contohnya fosfolipid dan lipoprotein.
Penjabaran mengenai pembagian lemak berdasarkan komposisi kimianya. Lemak Sederhana tersusun oleh trigliserida, yang terdiri dari satu gliserol dan tiga asam lemak.Contoh senyawa lemak sederhana adalah lilin(wax) malam atau plastisin, contoh tersebut merupakan lemak sederhana yang padat pada suhu kamar,dan contoh lainnya ialah minyak, minyak merupakan lemak sederhana yang cair pada suhu kamar. Lemak Asli atau Derivat Lemak merupakan senyawa yang dihasilkan dari proses hidrolisis lipid. Contoh dari lemak asli ialah kolesterol dan asam lemak. Berdasarkan ikatan kimianya asam lemak dibedakan menjadi dua, yaitu asam lemak jenuh, yang bersifat non-esensial, disebut demikian yaitu karena dapat disintesis oleh tubuh dan pada umumnya berwujud padat pada suhu kamar. Asam lemak jenuh berasal dari lemak hewani, contoh dari asam lemak jenuh ialah mentega. Asam lemak yang kedua yaitu asam lemak tidak jenuh, asam ini  bersifat esensial, hal ini  dikarenakan asam lemak tidak jenuh tidak dapat disintesis oleh tubuh dan umumnya berwujud cair pada suhu kamar. Asam lemak tidak jenuh berasal dari lemak nabati, contoh dari asam lemak tidak jenuh ialah minyak goreng.  Ada tiga jenis asam lemak esensial yang dibutuhkan manusia dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh sendiri, yaitu asam lemak arakhidinat, asam lemak linoleat, dan asam lemak linolenat. Asam lemak esensial penting bagi perturmbuhan,  kesehatan saraf dan arteri, serta mencegah kekeringan pada kulit.Lemak Campuran merupakan gabungan antara lemak dengan senyawa bukan lemak. Contoh lemak campuran adalah lipoprotein dan fosfolipid serta fosfatidilkolin. Lipoprotein yaitu gabungan antara lipid dan protein. Fosfolipid yaitu gabungan antara lipid dan fosfat, serta fosfatidilkolin yaitu yang merupakan gabungan antara lipid,fosfat dan kolin.
Untuk mendapatkan lemak, dapat memperolehnya dari dua sumber, yaitu yang bersumber dari hewan dan tumbuhan. Berdasarkan asalnya, sumber lemak dapat dibedakan menjadi dua,yaitu Lemak yang berasal dari tumbuhan. Lemak ini disebut lemak Nabati. Beberapa bahan yang mengandung lemak nabati adalah kelapa, kemiri, zaitun, kacang tanah, mentega, kedelai,dan lain-lain. Sumber yang kedua yaitu lemak yang berasal dari hewan. Lemak ini disebut lemak hewani. Beberapa bahan yang mengandung lemak hewani  adalah daging, keju, susu, ikan segar, telur, dan lain-lain. Lemak memiliki beberapa fungsi, banyaknya lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia sangat berbeda pada umumnya, tetapi kebutuhan yang paling umum ialah berkisar antara 0,5-1gram lemak per 1kg berat badan per hari. Biasanya yang membutuhkan lemak ialah orang yang tinggal di daerah bersuhu dingin dan orang yang bekerja berat.
 Di dalam tubuh, lemak mempunyai beberapa fungsi penting, diantaranya adalah sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah, sebagai pelarut vitamin A,D,E dan K. lemak juga berfungsi sebagai pelindung alat-alat tubuh vital. Tubuh vital tersebut diantaranya seperti jantung dan lambung,yaitu sebagai bantalan lemak, sebagai penghasil energi tertingggi, penahan rasa lapar, hal ini dikarenakan lemak akan memperlambat pencernaan, apabila pencernaan terlalu cepat maka akan cepat pula timbulnya rasa lapar sebaliknya lemak dapat menahan atau memperlambat pencernaan kita sehingga pencernaan akan berlangsung lama sehingga menimbulkan rasa tidak lapar, fungsi selanjutnya yaitu lemak sebagai salah satu bahan penyusun membran sel, sebagai salah satu bahan penyusun hormon dan vitamin (khususnya untuk sterol), sebagai salah satu bahan penyusun empedu, asam kholat yang berada di dalam hati, dan hormon seks khususnya untuk kolesterol dan juga pembawa zat-zat makan esensial.Lemak merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh, sehingga perlu mengetahui bagaimana tubuh mencerna lemak. Dalam mencerna lemak dibutuhkan enzim lipase, sehingga pencernaan lemak tidak terjadi di mulut dan lambung karena di tempat tersebut tidak terdapat enzim lipase yang dapat menghidrolisis atau memecah lemak. Pencernaan lemak terjadi di dalam usus, karena usus mengandung lipase. Lemak keluar daari lambung masuk ke dalam usus sehingga merangsang hormon kolesistokinin. Hormon kolesistokinin menyebabkan kantung empedu berkontraksi sehingga mengeluarkan cairan empedu ke dalam duodenum (usus dua belaas jari). Empedu mengandung garam empedu yang memegang peranan penting dalam mengemulsikan lemak. Emulsi lemak merupakan pemecahan lemak yang berukuran besar menjadi butiran lemak yang berukuran lebih kecil. Ukuran lemak yang lebih kecil  atau disebut dengan trigliserida yang teremulsi akan memudahkan hidrolisis lemak oleh lipase yang dihasilkan dari penkreas. Lipase pankreas akan menghidrolisis lemak teremulsi menjadi campuran asam lemak dan monoligserida (gliserida tunggal). Pengeluaran cairan penkreas dirancang oleh hormon sekretin yang berperan dalam meningkatkan jumlah elektrolit atau senyawa penghantar listrik dan cairan pankreas,serta pankreoenzim yang berperan untuk merangsang pengeluaran enzim-enzim dalam cairan pankreas. Absorpsi hasil pencernaan lemak sebagian besar atau sekitar 70% terjadi di usus halus. Pada waktu asam lemak dan monogliserida di absorpsi melalui sel-sel mukosa pada dinding usus, keduanya di ubah kembali menjadi lemak  yaitu dengan mengubah trigliserida dengan bentuk partikel-partikel kecil jaringan lemak kemudian saat dibutuhkam,timbunan lemak tersebut akan diangkut menuju ke hati.
Mengonsumsi lemak secara berlebihan akan mengakibatkan berbagai macam penyakit, selain itu kekurangan lemak pun dapat menyebabkan timbulnya penyakit, untuk itu dianjurkan untuk mengonsumsi lemak secara seimbang, tidak kekurangan dan tidak kelebihan, agar tidak mengganggu kesahatn tubuh. Beberapa penyakit yang timbul akibat kekurangan lemak yaitu  Kekurangan asam lemak esensial contohnya yaitu kekurangan Omega -3 dan Omega -6. Kekurangan asam lemak esensial pada masa janin dapat mengakibatkan penurunan pada pertumbuhan otak. Pertumbuhan otak yang terganggu akan mengakibatkan penurunan fungsi otak, yaitu kemampuan kognitif yang rendah. Kekurangan Omega-3 dapat mengganggu transmisi implus syaraf di otak, terutama pada bagian yang mengatur tentang perilaku emosional, yang menjelaskan mengenai mekanisme munculnya depresi. Omega-3 adalah asam lemak  atau molekul yang terbentuk dari rantai karbon dan hidrogen yang diperlukan untuk pembentukan membran sel dan beberapa metabolisme biokimia tubuh. Dalam bahasa sederhana, Omega-3 bermanfaat sebagai salah satu substansi pertahanan tubuh akan stres. Sungguh disayangkan apabila hal-hal yang dapat menganggu kesehatan  terjadi. Akibat lain dari kekurangan lemak yaitu kekurangan lemak dapat mengakibatkan perubahan pada komposisi asam lemak di berbagai jaringan, terutama membran sel. Selain itu terjadi penurunan efisiensi produksi energi di dalam sel, mengapa dapat terjadi hal yang demikian, hal itu dikarenakan lemak merupakan penghasil energi yang paling besar. Dampak lain yang mengganggu kesehatan ialah apabila mengonsumsi makanan yang berlemak dengan cara yang berlebihan artinya asupan lemak dalam tubuh sangat berlebih, hal ini dapat menimbulkan beberapa penyakit diantaranya akan mengakibatkan kegemukan, hal ini dikarenakan  kadar energi di dalam lemak lebih dari dua kali kadar energi di dalam karbohidrat. Rasa makanan yang berlemak umumnya enak dan disukai oleh orang banyak , hal ini cenderung mendorong seseorang mengonsumsi berlebih. Kegemukan berkaitan dengan timbulnya penyakit kronis seperti jantung dan pembuluh darah dan diabetes melitus.
Peningkatan kadar kolesterol di dalam darah merupakan faktor resiko penyakit jantung dan pembuluh darah dengan gejala awal tekanan darah tinggi atau hipertensi, Kebiasaan dan pola makan juga berperan besar dalam pengendalian kadar kolesterol di dalam darah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kadar normal kolesterol di dalam darah meliputi mempertahankan berat badan normal, tidak mengonsumsi berlebih lemak dan lemak jenuh, mengatur keseimbangan konsumsi asam lemak tak jenuh dan menguranggi konsumsi makanan berkadar tinggi kolesterol. Beberapa sumber lemak terbaik, antara lain yaitu buah alpukat, buah alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat yang mengandung lemak baik (HDL).  Kelapa dan Minyak Kelapa Murni, Kelapa merupakan sumber lemak yang baik, kelapa banyak mengandung vitamin K, E dan zat besi. Vitamin K bagus untuk pertumbuhan tulang dan mempercepat kerja kalsium. Sementara vitamin E bagus untuk kesehatan kulit. Minyak Biji Anggur, minyak hasil ekstraksi biji anggur menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan ialah minyak biji anggur  mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.  Ikan , seperti salmon, sarden, herring, makarel dan tuna. Beberapa jenis ikan yang disebutkan  mengandung lemak yang sangat baik bagi kesehatan. Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan,dan  perkembangan fungsi otak. Bahan makanan lain yang mengandung lemak yang baik adalah Kacang-kacangan atau polong-polongan, kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang melindungi kesehatan. Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandungan tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah dan mampu meningkatkan kolesterol yang baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar