Rabu, 08 November 2017

Apa itu Biokimia ?

Nama   : Suci Nata Kusuma
NPM   : 1314051046
BIOKIMIA
Apa itu biokimia?
Biokimia adalah suatu ilmu yang mempelajari peranan dari berbagai molekul ataupun sel dalam proses berlangsungnya mahluk hidup yang disertai dengan reaksi kimia. Tempat dimana adanya kehidupan maka disitulah terjadi proses biokimia. Biokimia sebagian besar berhubungan dengan struktur dan fungsi seluler misalnya seperti biomolekul yang terdiri dari protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat. Selain itu juga terdapat enzim yang dapat mempercepat reaksi kimia dan dianggap sebagai katalis biologis, contoh enzim adalah protein. Dalam strktur asam nukleat terdapat DNA dan RNA yang merupakan kode genetik penting untuk membentuk aliran informasi genetik dalam sel. Sel merupakan unit terkecil dari mahluk hidup, dimana sel dapat tumbuh , beradaptasi, dan bereproduksi untuk membentuk suatu organisme baru.
Peristiwa apa saja yang terjadi dalam biokimia? Peristiwa atau proses biokimia banyak terjadi di kehidupan kita, bahkan dalam tubuh kita sendiri. Pernahkah kita berpikir bagaimana kita bisa merasakan kenyang? Atau pernahkah kita bertanya apa yang terjadi pada tubuh saat kita berpuasa? Rasa kenyang dapat kita rasakan karena dalam tubuh kita terdapat energi. Energi tersebut berasal dari suatu makanan yang kita makan misalnya mengandung karbohidrat, protein, ataupun lemak. Makanan yang kita makan akan dicerna dalam tubuh dan diabsorpsi kemudian diubah menjadi energi. Kelebihan energi yang diproduksi dalam tubuh akan disimpan sebagai cadangan energi. Dengan demikian, dalam tubuh kita telah telah terjadi suatu proses metabolisme, baik metabolisme karbohidrat, metabolisme protein, metabolisme asam dan lemak, maupun metabolisme sel. Metabolisme adalah suatu proses kimia yang terjadi pada semua mahluk hidup. Jadi, proses metabolisme ini termasuk salah satu peristiwa biokimia dan erat kaitannya dengan biokimia. Sekarang, apa yang terjadi pada tubuh kita saat berpuasa? Glukosa darah yang dikenal sebagai bahan bakar utama tubuh akan turun dalam satu jam setelah makan. Setelah itu tubuh akan merespon dengan mengambil cadangan bahan bakar atau cadangan energi untuk mendapatkan energi kembali. Hati berperan dalam mempertahankan kadar glukosa darah, pertama dengan glikogenolisis (pembebasan glukosa dari glukogen) kemudian dengan glukogneogenesis (pembentukan glukosa dari senyawa nonkarbohidrat). Apabila puasa terus dilanjutkan maka glukoneogenesis akan menjadi sumber glukosa darah.
Dari kedua peristiwa tersebut, dapat disimpulkan bahwa peristiwa biokimia telah terjadi dalam tubuh kita. Selain dalam tubuh kita peristiwa biokimia juga terjadi pada saat pematangan buah, yaitu dengan adanya enzim-enzim seperti enzim hidrolase, enzim pektinase, enzim amilase, dan enzim kinase yang terdapat di dalam buah mentah. Misalnya, seseorang memeram buah alpukat mentah diwadah tertutup bersama buah tomat yang matang, maka buah tomat akan melepaskan gas etilen sehingga buah alpukat yang mentah terinduksi oleh enzim. Melalui reaksi kimia tersebut secara terus-menerus maka buah alpukat akan segera matang.
Biokimia menjelaskan proses bagaimana makhluk hidup itu dapat melangsungkan kehidupannya dan bertahan hidup dengan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh. Lalu, apa manfaat kita mempelajari biokimia? Dengan adanya biokimia kita dapat memahami kesehatan tubuh kita, apabila kita lelah atau sakit kita dapat melakukan penanganan yang sesuai dengan penyakit apa yang kita derita. Selain itu kita juga dapat mengetahui mekanisme metabolisme, reaksi reaksi  kimiawi  yang terjadi dalam sel  hingga komunikasi antar sel. Biokimia juga dapat bermanfaat dalam bidang pertanian misalnya, dalam penggunaan  pestisida untuk membunuh hama atau organisme tertentu. Dalam hal ini kita dapat meneliti dan mengetahui mekanisme kerja pestisida sehingga dapat mencegah atau membunuh hama dan organisme tersebut pada suatu tanaman. Selain itu produk dalam bidang pertanian seperti Teknologi Pangan selalu berhubungan dengan biokimia, misalnya dalam hal mengolah bahan makanan menjadi makanan yang sehat dan bergizi. Biokimia juga dapat berperan dalam memecahkan masalah gizi dalam makanan yang akan kita makan. Makanan yang kita makan harus memiliki gizi yang cukup agar kita terhindar dari penyakit-penyakit kekurangan gizi. Dalam bidang peternakan kita dapat menerapkan hasil-hasil penelitian dalam bidang genetika, seperti rekayasa genetika.

Biokimia sangat berguna untuk membuat kita paham mengenai kehidupan mulai dari sel virus yang sangat kecil hingga manusia yang sangat kompleks. Biokimia juga dapat membuat kita berkesimpulan bahwa kompleksnya aktifitas biokimiawi tubuh kita membuat kita yakin adanya zat pengatur, zat yang tanpa salah mengontrol semua komponen penyusun kehidupan kita yaitu Allah S.W.T oleh karean itu jangan beranggapan bahwa kehidupan itu hanya sebuah kebetulan dan berlangsung tanpa ada yang memulainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar