Makalah
Kewirausahaan
Bisnis Toko Buah Dan Sayur

Disusun
Oleh:
Nama : Suci Nata Kusuma
Npm :12712035
Jurusan :
Budidaya Tanaman Pangan
Ps
:
Hortikultura
Dosen
Pembimbing : Bapak Yusanto
Politeknik
Negeri Lampung
Bandarlampung
2012
Sehubungan dalam berbisnis, sebelumnya saya sampaikan beberapa hal kiat
sukses dalam berdagang buah maupun sayuran:
PRINSIP
- Tanamkan sikap optimis, berfikir positif, pantang
menyerah, & segera memulai.
- Berdagang buah perlu perputaran penjualan yang
tinggi. Buah dan sayur memiliki sifat yang mudah berubah, seperti rasa,
warna, bau, kekenyalannya dan sebagainya. Intinya buah mudah busuk. Oleh
karenanya jangan pernah menjual buah yang busuk. Pelanggan kecewa dan
memilih toko lain.
TEKNIS
- Memilih segmen pasar sebagai pasar sasaran
(pembeli potensial),
- Memilih lokasi toko buah
- Menyusun daftar pembeli potensial
- Menyusun daftar pemasok buah
- Menata toko buah secara apik, indah, dan efisien
ruang
- Merekruit dan melatih pelayan toko
- Menyusun daftar dan kelas kualitas barang dagang
- Menyusun daftar harga jual berdasarkan kualitas
- Menyusun program promosi (selebaran, merek toko,
voucher diskon, dsb)
- Membangun jaringan dengan pedagang terkait,
seperti : Jus buah
STRATEGI (pilih salah satu)
- Strategi
Paling Beda. Dengan selalu tampil beda, perlahan tapi pasti
penjual mampu mencuri perhatian dan “dompet” pembeli. Syarat berhasil yaitu harus selalu kreatif dan inovatif serta
daya juang yang tinggi/tangguh/ulet.
- Strategi Paling Murah.
Dengan selalu menjual buah paling murah (harga grosir!), pembeli akan
berbondong-bondong datang dan siap menjadi pembeli. Syarat berhasil yaitu harus selalu mampu menekan biaya operasional
serendah mungkit, artinya Pebisnis harus mampu memaksimalkan penggunaan
sumberdaya yang ada atau toko buah berjalan pada skala ekonomis
(Eksploitasi sumberdaya secara optimal)
A.
LATAR
BELAKANG


Semakin
berkembangnya perubahan zaman yang semua mulai bersifat portable, membuat kita
semakin malas untuk melakukan sesuatu. Hal ini bisa menyebabkan tubuh kita
tidak sehat dan lesu. Misalnya anak-anak yang suka bermain game hanya duduk di
depan komputer tanpa ada kegiatan yang lain bisa membuat tubuh bungkuk dan
mudah terserang penyakit. Maka pola hidup sehat harus dimulai dari sekarang.
Selain dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan yang
seimbang menjadi pendukung untuk tubuh yang sehat. Dengan mengonsumsi buah dan
sayur merupakan salah satu peran penting agar pola hidup sehat tetap terjaga. Inilah
yang mendasari mengapa saya ingin memulai bisnis dengan membuka Toko Buah dan
Sayur. Banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis buah dan sayur peluang
berhasilnya sangatlah kecil. Padahal jika kita teliti, usaha ini peluangnya
sangatlah besar. Hal ini dikarenakan :
1. Setiap
orang akan membutuhkan makanan yang fresh dan menyehatkan.
2. Ibu
rumah tangga dan pegawai kantor yang tidak sempat pergi kepasar akan berbelanja
di toko sayur dan buah terdekat.
3. Jika
buah dan sayur dikemas dengan mesin pengemas maka harga yang ditawarkan bisa
lebih tinggi dan keawetannyapun bisa terjaga.
4. Pesaing
/ Competitor yang sedikit karena tidak berani memulai usaha ini.
A.
SASARAN
1. Berdasarkan
tempat pemasaran :
Daerah
yang dipilih sebagai tempat usaha yaitu memiliki kriteria dekat dengan anak
sekolah, pegawai kantor, pegawai bank, dan kantor-kantor dinas tertentu. Serta
dekat dengan Rumah sakit dan daerah pemukiman/ perumahan.
2. Berdasarkan
target pemasaran :
Target
konsumen yang akan dicari yaitu anak sekolah dan para pegawai kantoran yang
merasa kehausan akan membeli es jus dan es buah, setelah mereka bekerja
seharian dan ingin meyegarkan dahaga. Toko ini akan dibuat terletak di dekat
sekolah dan kantor serta kelurahan sehingga posisinya sangat strategis. Para
ibu rumah tangga yang tidak sempat berbelanja di pasaran bisa berbelanja di
Toko ini karena buka hingga malam hari. Selain itu jajanan yang dijual bukan
hanya buah dan sayur melainkan bumbu dapur dan kebutuhan makanan lainnya.
Karena tempatnya didekat sekolahan maka dipagi hari ketika para orangtua
mengantarkan anak-anaknya untuk bersekolah mereka akan mengunjungi toko ini.
Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah.
B. MODAL
USAHA
Modal awal untuk
memulai usaha ini dialokasikan untuk membeli :
1. pengemas buah
dan sayur ( Rp 300.000,00 )
2. Sebuah kulkas
pendingin daging ayam dan ikan. ( Rp 5.000.000,00 )
3. Sebuah mesin
penimbang digital ( Rp 300.000,00 )
4. Mesin blender
( Rp 200.000,00 )
5. Sebuah rumah
untuk tempat pemasaran dengan ukuran ( minim : 5mx5m )
C. STRATEGI BISNIS
1.
Penjualan pertama harga murah dan dapat bersaing dengan harga-harga di pasaran.
2. Buah
dan sayur yang mudah busuk dikemas dengan mesin wrapping agar tidak cepat busuk
dan kualitas yang dimiliki bisa lebih tinggi, sehingga harga lebih tinggi lagi.
3. Karakter
konsumen indonesia ingin yang praktis dan murah sehingga pemasaran bisa
dilakukan dengan tawar menawar sehingga konsumen merasa puas dengan harga yang
diberikan penjual.
4. Buah
yang kelihatannya akan rusak bisa digunakan untuk dibuat jus dan es. Sehingga
kerugian yang didapat bisa tertutupi dengan hasil penjualan es jus dan es buah.
5. Ikan
dan ayam bisa dimasukkan kedalam freezer /mesin pendingin agar terjaga
keawetannya.
6.
Dengan selalu tampil beda, perlahan tapi pasti penjual mampu mencuri perhatian
pembeli. Syarat Berhasil: Harus selalu kreatif dan inovatif.
7.
Dengan penjualan yang murah (harga grosir), pembeli akan berbondong-bondong
datang dan siap membeli barang yang dipasarkan. Syarat berhasil: Harus
selalu mampu menekan biaya operasional serendah mungkit, artinya Pebisnis harus
mampu memaksimalkan penggunaan sumberdaya yang ada atau toko buah berjalan pada
skala ekonomis (Eksploitasi sumberdaya secara optimal)
8. Produk tersebut selalu fresh (segar) setiap
waktunya ; tidak ada orang yang mau membeli produk apabila
tingkat kesegaran produk ini tidak terjaga lagi. Hanya orang-orang khusus yang
akan dalam keadaan terpaksa dan apabila sudah tidak ada pilihan lain karena
kebutuhan mendesak yang akan membeli produk yang kurang fresh (tidak segar).
9. Produk tersebut
ditata rapi sedemikian rupa, sehingga menarik untuk dilihat dan mudah
untuk dicari. Sebuah warung dengan penataan produk yang memberikan jaminan
kebersihan, kelengkapan produk, kenyamanan, kemudahan, serta harga yang terjangkau
kepada pelanggannya akan menjadi pilihan utama yang dicari dibandingkan
warung/toko yang tidak memiliki salah satu hal tersebut.
10. Tersedia variasi produk sayur, buah, dan bumbu dapur yang
bermacam-macam.
D.
KESIMPULAN
Dari data yang
terkumpul jika toko buah dan sayur ini bisa berkembang lebih besar lagi maka
kedepannya bisa mengekspor ke hotel ataupun restoran sehingga keuntungan yang
didapat bisa mencapai 10-30 juta. Ataupun jika tidak kita bisa membuka cabang
toko buah yang lain di daerah yang berpotensi lebih besar. Pesaing toko yang
sedikit karena baru beberapa orang yang berani memulai usaha seperti ini.
E.
TEKNOLOGI
Teknologi yang
digunakan cukup sederhana yaitu berupa peralatan untuk mengemas buah dan sayur.
Kemudian mesin timbang digital agar penghitungan berat buah dan sayur yang
cepat dan tepat. Juga satu buah mesin pendingin.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.rsi.sg/indonesian/ruangbisnis/view/20051111144400/1/.html
http://taya.wordpress.com/2007/06/13/kiat-sukses-memasarkan-toko-buah/#respond
http://konsultanide.blogspot.com/2008/11/bagaimana-cara-mengembangkan-usaha-saya.html
http://pertanianjanabadra.webs.com/apps/blog/show/6926752-memetik-laba-dari-kemitraan-toko-buah



Tidak ada komentar:
Posting Komentar